Rabu, 29 Agustus 2012

DPR Minta Penjelasan Turunnya Prestasi Indonesia di Olimpiade


JAKARTA, AKUATIK INDONESIA - Anggota Komisi X DPR RI Rohmani mengungkapkan pihaknya akan meminta penjelasan Menteri Pemuda Olahraga Andi Malarangeng terkait merosotnya prestasi Indonesia di Olimpiade London 2012. Kontingen Indonesia berada di urutan ke-65 dari 85 negara yang berhasil meraih medali di Olimpiade London 2012.
Hal ini dipandang perlu untuk melakukan evaluasi terhadap kebijakan olahraga nasional. Kemunduran ini harus mendapat kajian dan evaluasi dari berbagai pihak.
"Evaluasi harus dilakukan. Kenapa prestasi kita anjolok seperti ini. Kami, Komisi X DPR berkewajiban dan berwewenang melakukan evaluasi bersama pemerintah," kata Rohamani, sebagaiman dikatakan dalam siaran persnya, Selasa (28/8/2012).
Menurut dia, mencari akar persoalan menurunnya prestasi Indonesia di kancah Olimpiade menjadi hal yang mendesak. Bila tidak dilakukan dengan segera dan cermat, prestasi olahraga nasional akan terus menurun, katanya.
"Perlu dibicarakan bersama peta persoalan olahraga nasional. Gambaran ini penting untuk membuat kebijakan yang efektif meningkatkan prestasi olahraga nasional," tambahnya.
Sebab, olahraga ini menjadi pilar penting dalam melakukan diplomasi dengan negara lain. Olahraga bisa menjadi media komunikasi yang efektif tentang Indonesia di mata internasional. Untuk itu ia berharap pemerintah jangan memandang olahraga dengan sebelah mata. (KOMPAS.com) 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar