Rabu, 01 Februari 2012

Kolam Air Hangat: Nyaman Berendam di Jacuzzi

Ingin merasa nyaman setelah lelah beraktivitas seharian? Cobalah berendam di Jacuzzi atau dikenal sebagai kolam air hangat. Jacuzzi memiliki banyak manfaat terkait kesehatan, seperti merelaksasi otot kaku serta meningkatkan denyut jantung sehingga aliran darah menjadi lancar.

Jacuzzi biasanya banyak dijumpai di kolam renang, sebagai bagian di area berendam air hangat. Tak jarang, kini, banyak hunian melengkapi kolam renang atau kamar mandi mereka dengan Jacuzzi. Alasannya, karena gaya hidup modern serta tak perlu antri dan berbagi dengan orang lain di kolam renang umum.

Bila ingin menambah fasilitas ini pada hunian Anda, rupanya ada syaratnya yang patut diperhatikan:

1. Persiapkan lantai.
Agar berfungsi dengan baik, sebaiknya Jacuzzi dipasang pada lantai dengan permukaan datar atau rata air. Lantai rata dibutuhkan agar sejalan dengan sistemnya. Seperti sistem sirkulasi air jet juga sistem drainase. Bila kondisi lantai belum rata, sebaiknya diratakan terlebih dahulu.
2. Konstruksi lantai stabil
Bak untuk Jacuzzi seperti halnya bathub tergolong berat, walaupun belum terisi air.  Saat terisi air, maka berat keseluruhan Jacuzzi akan semakin berat apalagi dipergunakan untuk berendam. Selain berat volume di dalam Jacuzzi, ukuran bak dan jenis materialnya juga perlu diperhitungkan dengan kekuatan lantai. Paling tidak, ketika dipergunakan akan memiliki berat hingga 1.000 kilogram per meter persegi. Maka, pertimbangkan ulang konstruksi bangunan jika ingin menempatkan Jacuzzi pada lantai atas rumah.
3. Rangka kokoh
Selain membutuhkan dasar yang rata, kuat, dan stabil, Jacuzzi juga membutuhkan rangka dinding yang kokoh. Artinya, sekeliling Jacuzzi harus diberi frame penahan beban akibat tekanan air. Terlebih jika material pembangunnya sendiri tak terlalu kokoh.

4. Persiapkan jalur listrik, air, dan drainase
Seperti halnya bathtub biasa, Jacuzzi membutuhkan instalasi air bersih, air pembuangan, dan instalasi listrik. Agar semuanya berjalan dengan lancar, rancanglah jalur instalasi ketiganya sebelum pemasangan. Tanyakan kepada produsen atau penjual tentang spesifikasi sistem jacuzzi, ini sebagai acuan membuat instalasi listrik dan air, termasuk penempatan pompa jet.

5. Bersihkan area dan lakukan pengujian
Setelah pemasangan, segel rapat Jacuzzi sehingga tak bergerak sama sekali. Sebelum digunakan sebaiknya lakukan pengujian sistem. Pengujian dimaksudkan bila terjadi kerusakan sistem dapat segera diperbaiki.

Sumber :
Berbagai Sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar