Rabu, 01 Februari 2012

Kolam Renang Eks PON di Berau Kini Dibuka untuk Umum

Setelah sempat tertunda beberapa kali, Bupati Berau Drs Makmur HAPK akhirnya meresmikan pembukaan operasional Kolam Renang dan Water Boom Kakaban Aquatic di Jalan Gatot Subroto Tanjung Redeb.
Kolam renang eks arena Pekan Olahraga Nasional (PON) XVII Kaltim tersebut kini dibuka untuk umum dan telah memiliki fasilitas baru yakni water boom. Selain itu, disisi barat kolam renang juga berdiri kolam loncat indah, yang memberikan banyak pilihan bagi warga untuk berekreasi.
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kab Berau Drs H Mansyah Kelana mengatakan, pihaknya telah diberi kepercayaan untuk menangani operasional kolam renang Kakaban Aquatic. Penunjukan itu berdasarkan Perda nomor 2 tahun 2011 yang terbit tanggal 14 Januari 2011.
“Keputusannya lewat Perda, jadi semua yang bersentuhan dengan operasionalnya dibawah tanggung jawab kami,” ujarnya.
Kolam renang Kakaban Aquatic yang dibangun di atas lahan seluas 4 hektare tersebut, memiliki tiga kolam, yaitu, kolam renang rekreasi, pemanasan dan kolam renang utama. Selain itu ditambah lagi fasilitas waterboom dan kolam loncat indah.
Menurut Mansyah, kolam renang rekreasi bisa digunakan bagi anak-anak yang belum bisa berenang, mengingat kedalamannya hanya kurang lebih 50 centimeter. Sedangkan kolam pemanasan dengan luas 15 x 50 meter digunakan perenang sebelum meluncur ke kolam renang utama seluas 25 x 50 meter. Lebih lanjut ia mengatakan, Kakaban Aquatic mampu menampung sedikitnya 600 pengunjung. Kolam renang tersebut juga memiliki lahan parkir seluas 6.781 meter persegi dan sanggup menampung kurang lebih 100 kendaraan roda empat dan 250 kendaraan roda dua.
Dengan dibukanya kolam renang Kakaban Aquatic untuk umum, Mansyah berharap bisa menambah pundi-pundi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Berau.
“Ya kita berharap, pembangunannya tidak sia-sia. Kalau dibuka untuk umum kan bisa menambah PAD kita,” terangnya.
Sementara Bupati Berau Drs Makmur HAPK dalam sambutannya mengatakan, operasional kolam renang Kakaban Aquatic diharapkan bisa menjadi potensi untuk mencetak atlet-atlet renang di Kabupaten Berau, sekaligus tempat latihan diving bagi generasi muda. Ia bahkan tak segan-segan menyebut, kolam renang Kakaban Aquatic telah berstandar internasional.
“Saya rasa kolam renang ini sudah berstandar internasional, lihat saja fasilitasnya. Tapi kita tidak boleh berhenti disitu saja, setidaknya dengan potensi ini kita bisa mencetak atlet-atlet renang yang handal di Berau, supaya bisa mengharumkan nama Berau di tingkat Propinsi maupun Nasional,” ujarnya. (Tribun Kaltim)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar