Kamis, 16 Februari 2012

SEA Games 2013: PON, Timnas Renang Indah Berlatih Terpisah

Setelah memilih anggota tim nasional renang Indah, Persatuan Renang Seluruh Indonesia membuat program latihan terpisah bagi semua anggota timnya. Latihan terpisah digelar karena semua atlet harus berlatih di daerah masing-masing guna menghadapi PON 2012.            
"Kami membuat jadwal latihan yang harus dijalani oleh para atlet yang terpilih menjadi anggota timnas. Para pelatih di setiap daerah diminta melatih atlet terpilih dengan porsi latihan itu," kata Fitrah Utami, Kepala Bidang Renang Indah PRSI, Selasa (14/2/2012) di Jakarta.            
Porsi latihan fisik bagi para anggota timnas lebih berat dibanding porsi latihan atlet untuk tim daerah. Oleh karena itu, para pelatih harus menambahkan porsi latihan fisik bagi atlet timnas yang  mereka bina.
"Jika latihan fisik mereka memadai, tim nasional renang indah  dapat langsung berlatih koreografi saat pelatnas dimulai. Dengan latihan tarian selama satu tahun, tim nasional Indonesia bakal lebih siap untuk menghadapi SEA Games 2013 di Myanmar," kata Utami.
Fokus persiapan fisik
Persiapan fisik menjadi fokus latihan setahun ini agar semua anggota timnas siap menjalani latihan yang lebih berat di awal tahun 2013.
Fokus latihan fisik sepanjang tahun ini karena PRSI belajar dari tidak optimalnya persiapan SEA Games 2011.
Saat itu, persiapan fisik tidak terlalu matang sehingga  mengganggu persiapan latihan tari di dalam air. Dampaknya, tim nasional renang indah gagal merebut satu medali emas pun di SEA Games 2011.            
Enam medali emas disapu bersih oleh tim Malaysia. Tim Indonesia hanya dapat merebut medali perak dan perunggu.
"Tim Malaysia memiliki persiapan lebih dari dua tahun sehingga penampilan mereka lebih sempurna dibanding kita. Belajar dari pengalaman itu, kami akan mulai berlatih dari tahun ini," kata Utami.(kompas.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar