Selasa, 07 Februari 2012

Rencana Renang TC Ke Hungaria Terancam Batal

JAKARTA. Rencana Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) untuk mengirimkan atlet proyeksi Olimpiade London untuk berlatih ke Hungaria terancam batal. Penyebabnya apalagi kalau bukan persoalan pendanaan. Seperti halnya cabor lain yang akan berlaga di Olimpiade 2012, sampai saat ini PRSI belum mendapatkan dana dana Prima. Penyebab lainnya adalah sebagian perenang ternyata ingin fokus latihan di Indonesia saja.
"Rencana itu sedang kami kaji ulang lagi," kata Bambang Udaya, manajer tim renang Indonesia saat dihubungi kemarin. Menurut Bambang, saat ini PB PRSI tengah menanti arahan dari Prima terkait program persiapan ke Olimpiade. "Kami menunggu petunjuk dari Prima. Kalau ada dananya, tentu kami ingin melakukan persiapan sebaik mungkin untuk para perenang kita," ssambungnya
Hungaria dipilih menjadi tempat pemusatan latihan tim nasional karena negeri ini berhasil menjuarai kejuaraan renang dunia untuk kategori remaja. Negara Eropa Timur itu dinilai memiliki sistem pelatihan yang cocok untuk para perenang Indonesia.
Indra Gunawan adalah salah satu perenang Indonesia yang sudah berlatih di Hungaria. Pada SEA Games tahun lalu, Indra meraih satu emas dari nomor 100 meter gaya dada dan satu emas dari 4 x 100 meter gaya ganti beregu putra.
Untuk pemusatan latihan di Hungaria menurut Bambang dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Dia mengestimasi, tiap satu hari satu perenang membutuhkan dana kisaran 3.000 Euro. Saat ini renang sudah memastikan empat atletnya yang akan berlaga di Olimpiade 2012. Mereka adalah I Gede Siman Sudartawa untuk nomor 100 meter gaya punggung, Glenn Victor nomor 100 meter gaya kupu, Indra Gunawan untuk nomor 200 meter gaya dada, serta Triadi Fauzi untuk nomor 200 meter gaya punggung.
Triadi Fauzi dan Glenn Victor lolos melalui kejuaraan renang Singapura Terbuka pada Juli 2011. Sedangkan Indra Gunawan dan Siman Sudartawa melalui SEA Games XXVI di Palembang, Sumatera Selatan, 11-22 November 2011.
PB PRSI sendiri menargetkan masih bisa menambah dua perenang lagi untuk bisa lolos ke Olimpiade London. Jika benar-benar gagal melakukan pemusatan latihan ke Hungaria, PB PRSI akan menggembleng para perenangnya di dua lokasi yaitu  Jakarta dan Bandung. (smarindapost/ali/jpnn/nin)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar