Rabu, 08 Januari 2014

Indonesia usulkan 20 cabang POM ASEAN di Palembang

Palembang - AKUATIK - Tuan rumah Indonesia mengusulkan 20 cabang olahraga untuk digelar pada perhelatan Pekan Olahraga Mahasiswa ASEAN ke-17 atau "ASEAN University Games" di Palembang, pada pertengahan 2014.

"Sementara ini panitia telah mengantongi 20 cabang olahraga yang telah disampaikan pada pertemuan pertama dengan para perwakilan negara peserta beberapa waktu lalu," kata anggota Panitia Persiapan POM ASEAN Sumsel Maryama Bustam di Palembang, Selasa.

Menurut Maryama yang juga Sekretaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia Provinsi Sumatera Selatan itu, keputusan cabang olahraga dipertandingan ini belum final karena akan ditinjau pada pertemuan lanjutan.

Ia mengemukakan, pertemuan lanjutan tersebut akan dilaksanakan di Palembang, 22-24 Januari 2014 yang juga membahas kesiapan tuan rumah secara keseluruhan.

Adapun ke-20 cabang olahraga tersebut, atletik, akuatik, pencak silat, catur, bulutangkis, bola basket, taekwondo, karate, judo, panahan, petanque, bola voli indoor, bola voli pantai, sepak bola, sepak takraw, tenis meja, futsal, tenis lapangan, sepatu roda, dan wushu.

"Kemungkinan besar akan ada permintaan tambahan cabang olahraga karena secara lisan Singapura dan Malaysia sempat menyampaikan meminta digelarnya net ball, ruqby, hoki dan tenpin bowling," katanya.

Namun, keputusan final akan berada ditangan Indonesia, karena bertindak sebagai tuan rumah.

"Nanti ditinjau lagi pada rapat lanjutan karena sebagai acuan saja, pada ajang dua tahun lalu di Laos hanya mempertandingkan 17 cabang olahraga," katanya.

Selain memutuskan cabang olahraga yang akan dipertandingkan, pertemuan tersebut juga bermaksud memantapkan tanggal pelaksanaan POM ASEAN ke-17, mengingat tuan rumah sempat menyampaikan keinginan dilaksanakan seusai pemilihan umum presiden.

Sementara, terkait dengan kesiapan arena, ia mengatakan tidak perlu diragukan karena Palembang pernah menjadi penyelenggara Islamic Solidarity Games III, 22 September-1 Oktober 2013.

"Pada pertemuan sebelumnya sempat ada peninjauan langsung ke lapangan yakni ke Kompleks Olahraga Jakabaring Palembang dan pada prinsipnya sudah tidak ada masalah lagi," katanya..

Sebanyak 5.000 orang atlet dan 2.000 orang ofisial diperkirakan mengikuti ajang bergengsi antarmahasiswa Asia Tenggara ke-17 itu. Meski perhelatan itu tidak seakbar SEA Games, namun secara jumlah peserta akan meningkat tiga kali lipat menyusul peran Sumsel sebagai tuan rumah tunggal ASEAN University Games. (ANTARA News) 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar