Sabtu, 04 Juni 2011

Sembilan Atlet SEA Games Diuji di Vietnam

Sebanyak 22 perenang yang terdiri atas sembilan atlet SEA Games dan 13 atlet Prima Pratama diberangkatkan ke Da Nang City, Vietnam untuk mengikuti Kejuaraan Renang Kelompok Umur Asia Tenggara 2011 yang akan berlangsung 10 - 12 Juni mendatang.
Tim yang beranggotakan 12 atlet putri dan 10 atlet putra ini diharapkan mencetak hasil maksimal karena event ini menjadi tolok ukur prestasi bagi atlet pelatnas SEA Games XXVI yang akan berlangsung 11 - 25 November mendatang di Palembang dan Jakarta. "Tim yang diberangkatkan memang tidak semuanya atlet pelatnas SEA Games. Hanya sembilan orang saja atlet pelatnas SEA Games, sisanya atlet pelatnas pratama atau lapis 2.
Namun 10 di antara mereka diharapkan meraih medali untuk memantapkan posisi mereka sebagai tim inti SEA Games," ujar pelatih renang pelatnas Albert Susanto kepada Suara Karya di kantor PB PRSI Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Rabu (1/6).
Albert menegaskan hal itu karena tim renang yang berada di pelatnas sekarang jumlahnya masih 120 persen. Lantaran kejuaraan di Da Nang City ini dijadikan sebagai salah satu agenda try out tim pelatnas renang, maka atlet yang turun pada event tersebut diharapkan menunjukkan prestasi maksimal.Dikatakan, persaingan untuk menjadi tim inti renang masih terbuka lebar. Pasalnya, sebelum pembentukan tim inti September mendatang masih ada kejuaraan penting yang harus diikuti, yakni Singapura Open 21 - 26 Juni dan ASEAN Swimming Championships (ASC) September mendatang di Jakarta.
Jadi, bila ada atlet yang lengah dan prestasinya menurun, posisinya bisa saja digantikan oleh atlet nonpelatnas kalau ada yang berprestasi di dua kejuaraan tersebut. "Kini kita mempersiapkan 24 atlet di pelatnas yang dibagi dalam dua lokasi, di Cikini Jakarta dan Karang Suta, Bandung.
Sekalipun atlet yang ada di pelatnas sudah mendekati 100 persen, tapi bukan berarti mereka yang di luar pelatnas tidak bisa masuk. Kesempatan masih terbuka bagi perenang nonpelatnas untuk menunjukkan prestasinya hingga September.
Jadi perenang pelatnas harus hati-hati kalau tidak ingin tersingkir di saat-saat terakhir," terang Albert.Ke-9 atlet pelatnas yang dikirim adalah Raina Saumi Grahana, Ressa Dewi, Yessy Yosaputra, Fibriani Ratna Marita, Afi Noviandari, Patricia Josita, I Gede Siman Sudartawa, Dennis Tiwa, dan Alexis Wijaya Ohmar.
Sementara atlet pelatnas pratama adalah Ameliana Kurniawan, Nurul Fajar Fitrianti, Monaliza, Nadia Panestika, Kazie Kristiantina, Olivia A Vernandez, Rodricx Luhur, Samuel Preston White, Kenny Lesan Putra, Ricky Anggawijaya, Satrio Bagaskara, Muh Hamgari, dan Ilham Ahmad. Menurut Albert, satu perenang pelatnas putri Yessy Yosaputera beralih ke nomor open water swimming lantaran prestasinya cukup baik di nomor tersebut. "Ini keputusan Yessy sendiri untuk beralih ke nomor open water swimming. PB PRSI mendukung karena peluang Yessy untuk merebut medali di nomor ini sangat terbuka lebar," kata Albert. (Markon Piliang/Suara Karya)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar