Rabu, 17 April 2013

Uang saku atlet akan turun pekan ini


Jakarta, RENANG INDONESIA - Uang saku atlet dan pelatih pelatnas dipastikan turun pekan ini setelah tanda bintang anggaran Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk beberapa dana akhirnya dicabut.

"Dari Rp1,9 triliun sebagian besar sudah dilepas bintangnya termasuk dana untuk ISG (Islamic Solidarity Games) dan pelatnas," kata Deputi IV bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Djoko Pekik di Jakarta, Senin.

Sebelumnya 97 persen anggaran Kemenpora senilai Rp1,9 triliun masih diblokir Kementerian Keuangan sehingga dana pelatnas untuk atlet dan pelatih masih tertahan.

Sebagian pengurus cabang olahraga yang sudah menggelar pelatnas terpaksa berutang untuk menalangi uang saku atlet dan pelatih, termasuk biaya selama pelatihan.

Setelah tanda bintang dicabut Selasa lalu (19/3), Kemenpora akan segera membayar "utang" dana pelatnas periode Januari-Februari, sementara untuk dana pelatnas periode Maret akan diterbitkan SK baru lagi.

"Sekarang masih pengumpulan berkas syarat yang diperlukan seperti rekening dan NPWP dari atlet dan pelatih. Setelah terkumpul, Kemenpora akan menyerahkan pada Kemenkeu lalu dari Kemenkeu langsung transfer ke rekening mereka," jelas Djoko sembari berharap semuanya udah diterima pekan ini. 

Selain dana ISG dan pelatnas, dana prima untuk keperluan kompetisi termasuk SEA Games senilai Rp250 miliar juga segera turun.

Meskipun dana persiapan SEA Games telat, Djoko optimistis tim Merah Putih akan tampil terbaik. "Peluang tetap yang terbaik," katanya. (antara)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar