Selasa, 28 Mei 2013

Om Wim Meninggal Dunia

JAKARTA, RENANG INDONESIA - Salah satu perintis renang modern di Indonesia, Willem Timothius Item meninggal dunia di Riverside, Amerika Setikat, Minggu (26/5).

Willem atau biasa dipanggil om Wim merupakan mantan perenang dan pelatih renang nasional. Ia juga mencetak perenang-perenang hebat Indonesia yang tak lain adalah anak-anaknya sendiri, Robert (Robby) Item, Gerald (Jerry) Item, John D (Johnny) Item, dan Dora Item.

Robert, Jerry, Johnny , dan Dora adalah mantan perenang berprestasi yang telah membawa bendera Merah Putih ke kancah internasional berkat didikan Willem yang dikenal sangat disiplin.

Salah satu puteranya, Jerry adalah atlet andalan Indonesia era akhir 1970-an hingga wal 1980-an. Pada masa itu, Indonesia merajai Asia Tenggara,  bahkan Jerry mampu merebut medali perak Asian Games. Jerry kemudian sempat menjadi pelatih tim nasional pada 2000-an sebelum pindah ke AS. Jerry bersama isterinya, Elfira Rosa Nasution, serta kedua anaknya, Nigel dan Nicole tinggal bersama Willem di Riverside,  Amerika.

"Saya tidak sempat kenal dekat dengan beliau tetapi Om Willem adalah tokoh yang menginspirasi. Beliau menerapkan konsep pengembangan renang yang sangat tepat pada masanya sehingga bisa membuat anak-anaknya menjadi perenang hebat," kata mantan perenang nasional, Richard Sam Bera, Senin (27/05).

"Dan, tidak hanya satu anaknya yang berhasil di renang, tetapi hampir semuanya," tambah Richard, yang merupakan generasi di bawah Jerry Item.

Selain itu, Richard juga memuji didikan Willem yang mewajibkan anak-anaknya menempuh pendidikan hingga universitas. "Tidak hanya itu, yang saya dengar lagi beliau sangat disiplin. Dan mewajibkan anak-anaknya melanjutkan pendidikannya hingga universitas meskipun tetap berprestasi di renang," kata Richard. Hal ini, lanjut dia, menjadi contoh bagi atlet renang hingga sekarang.

"Ini yang terus menjadi contoh hingga sekarang di dunia renang bahwa atlet renang jangan hanya berprestasi di renang, tetapi juga memikirkan pendidikan," ujar Richard. (Kompas.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar