Selasa, 28 Mei 2013

500 atlet triathlon ikuti "Ironman World Championship"

Jakarta RENANG INDONESIA - Sekitar 500 atlet triathlon (triathletes) akan berpartisipasi dalam kompetisi yang bertajuk "Ironman World Championship" yang diselenggarakan di Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, 31 Agustus mendatang.

"Baik triathletes maupun penggemar triathlon dan wisatawan kelas dunia akan merasakan kombinasi unik olahraga dan berwisata di MetaMan Bintan 2013," kata Direktur Metasport Nathalie Marquet saat konferensi pers di Jakarta, Selasa.

Triathlon mengharuskan atlet-atletnya menguasai tiga olah raga "klasik", yaitu renang, balap sepeda, dan lari sebagai tes ketahanan utama.

Nathalie menyebutkan kompetisi yang pertama kali digelar di California, Amerika Serikat tahun 1974 itu menarik peserta dari 35 negara di seluruh dunia, di antaranya Indonesia, Australia, Inggris, Kanada, Jerman, Irlandia, Denmark, Italia, Singapura dan Thailand.

Dia menjelaskan ada dua kategori jarak yang dapat dipilih dalam kompetisi tersebut, yakni full iron man distance (3,8 kilometer berenang, 180 kilometer bersepeda dan 42,2 kilometer lari) serta half iron distance (1,9 kilometer berenang, 90 kilometer bersepeda dan 21,1 kilometer lari).

Nathalie mengatakan triathlete dunia telah mengonfirmasi untuk mengikuti kompetisi tersebut seperti juara kategori pria 2012 Brett Carter dari Australia, legenda Ironman Cameron Brown dari Selandia Baru dan Belinda Granger dari Australia.

Para peserta akan memperebutkan total hadiah yang mencapai 154 ribu dolar AS.

"Kami sangat menantikan kehadiran triathletes dan wisatawan kelas dunia di Bintan, baik mereka yang ingin mengikuti perlombaan, maupun mejelajah keindahan Pulau Bintan," ujarnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar