Jumat, 07 Desember 2012

Sumsel tuan rumah POM ASEAN 2014


Palembang AKUATIK INDONESIA - Sumatera Selatan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Mahasiswa (POM) ASEAN tahun 2014 setelah menyetujui permintaan Direktur Kelembagaan Direktorat Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Tanggal 18 Desember nanti akan ada perwakilan KONI dan pejabat daerah ke Laos untuk menerima pataka sebagai tuan rumah berikutnya karena negara itu menjadi pelaksana POM ASEAN 2012," kata Wakil Ketua Umum KONI Sumsel Dhenie Zainal di Palembang, Kamis, ketika ditanya respons Sumsel atas hasil rapat Badan Pembina Olahraga Mahasiswa (Bapomi) beberapa waktu lalu.

Ia menyatakan tawaran menjadi tuan rumah kejuaraan bergengsi antarmahasiswa se-Asia Tenggara itu disampaikan pada rapat koordinasi BAPOMI se-Indonesia, di Jakarta, 25-26 November 2012.

Meski saat itu sebatas lisan namun pemerintah provinsi langsung merespons positif. "Dalam waktu dekat akan dilayangkan surat resmi dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Pemerintah Provinsi Sumsel mengenai kesediaan menjadi tuan rumah POM ASEAN," katanya.

Setelah memperoleh kepastian, maka Direktur Kelembagaan Dirjen Dikti akan bertandang ke Palembang untuk menemui Gubernur Sumsel Alex Noerdin.

Penunjukan Sumsel dilandasi peran sebagai tuan rumah SEA Games 2011 serta memiliki kawasan olahraga standar internasional yakni Kompleks Olahraga Jakabaring.

"Kunjungan ke Laos nanti juga digunakan untuk studi banding persiapan menjadi tuan rumah," ujarnya.

Indonesia terakhir kali ditunjuk menjadi tuan rumah POM ASEAN pada 2004, lalu di Surabaya pada penyelenggaraan ke XII dengan diikuti 11 negara Asia Tenggara.

Sebelumnya Indonesia telah dua kali menjadi tuan rumah yakni, Jakarta (1983) dan Bandung (1993), serta sukses menjadi juara umum saat digelar di Thailand (1981) dan Jakarta (1983).

(ANTARA News) 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar