Selasa, 05 Februari 2013

KOI umumkan 33 cabang olahraga SEA Games 2013


AKUATIK INDONESIA - Komite Olimpiade Indonesia (KOI) di Jakarta, mengumumkan ada 33 cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada SEA Games 2013 di Myanmar.

Ketua Umum KOI Rita Subowo menjelaskan 33 cabang olahraga terbagi dalam tiga kategori berdasarkan hasil Pertemuan Federasi SEA Games di Nay Pyi Taw, Myanmar pada 28-29 Februari lalu.

Kategori pertama adalah yang termasuk dalam Piagam Federasi SEA Games 2006 yakni cabang atletik (46 nomor) dan akuatik (41 nomor, termasuk renang, diving dan polo air).

Kemudian kategori kedua yang merupakan cabang olahraga dari Olimpiade dan Asian Games yakni Panahan, Badminton, Bola Basket, Biliar dan Snoker, Tinju, Kano, Balap Sepeda, Berkuda, Sepakbola, Golf, Hoki, Judo, Karate, Dayung, Sepak Takraw, Menembak, Berlayar, Tenis Meja, Taekwondo, Bola Voli, Angkat Besi, dab Gulat.

Selanjutnya di kategori tiga yang merupakan nomor tradisional adalah Kempo, Muay, Pencak Silat, Pentanque, Catur, Vovinam, Balap Perahu Tradisional dan Binaraga.

Cabang olahraga Senam, Tenis dan Tarung Derajat yang sebelumnya diupayakan oleh KOI untuk ikut dipertandingkan tidak berhasil terdaftar karena beberapa alasan seperti kurangnya jumlah dukungan dari Komite negara lain Anggota SEA Games dan fasilitas olahraga yang kurang memadai di Myanmar.

"Senam hanya didukung Vietnam, Tenis hanya didukung Thailand dan Tarung Derajat hanya didukung tuan rumah," katanya.

Fasilitas olahraga dan atlet yang dimiliki tuan rumah pun menentukan ikut tidaknya suatu cabang olahraga dipertandingkan. Tenis misalnya, jumlah atlet dan sarana yang tersedia di Myanmar kurang memadai, jelas Rita.

Sedangkan untuk nomor-nomor tiap cabang olahraga, selain Atletik dan Akuatik, KOI masih menunggu susunan resmi dari NOC Myanmar yang akan dibahas di Komite Eksekutif Federasi SEA Games untuk kemudian dibahas dan diputuskan. (antara)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar