Jumat, 01 Februari 2013

SEA Games 2013: Tenis dan Senam Dipastikan Tak Dipertandingkan


JAKARTA - AKUATIK INDONESIA: Komite Olimpiade Indonesia (KOI) mengumumkan hasil pertemuan Federasi SEA Games di Nay Pyi Taw, Myanmar pada 28-29 Januari 2013 lalu. Dari pertemuan itu ada 33 cabang olahraga (Cabor) yang akan dipertandingkan di SEA Games 2013 Myanmar.
Ketua Umum KOI Rita Subowo mengatakan, terdapat 33 cabor yang termasuk tiga kategori. Namun, dari 33 cabor itu, cabor tenis, tarung derajat, dan senam dipastikan tak akan dipertandingkan.
“Ketiga cabor tersebut tak dipertandingkan karena tidak mendapat dukungan yang dibutuhkan.” Ujar Rita dalam jumpa wartawan di Kantor KOI, Senayan, Jakarta, Kamis (31/1/13).
“Kami (anggota KOI), telah memperjuangkan segala upaya agar ketiga cabang tersebut tetap dapat dipertandingkan. Namun, Senam hanya didukung oleh NOC Vietnam, tenis hanya didukung oleh NOC Thailand dan tarung derajat hanya didukung NOC Myanmar. Bila ada empat saja suara dukungan ini bisa dimasukkan” lanjutnya.
Mantan Ketua KONI pusat itu juga menuturkan, fasilitas olahraga dan atlet yang dimiliki tuan rumah pun menentukan ikut tidaknya suatu cabang olahraga yang akan dipertandingkan.
“Tenis misalnya, jumlah atlet dan sarana yang tersedia di Myanmar kurang memadai. Selama di sana saya juga tidak melihat adanya lapangan tenis yang cukup memadai. Apalagi Myanmar tidak mempunyai atlet yang cukup kompetitif di tenis dan senam” tuturnya.
Sedangkan untuk nomor-nomor tiap cabang olahraga, selain Atletik dan Akuatik, KOI masih menunggu susunan resmi dari NOC Myanmar yang akan dibahas di Komite Eksekutif Federasi SEA Games untuk kemudian dibahas dan diputuskan.

Berikut tiga Kategori Cabor yang akan dipertandingkan di SEA Games 2013 Myanmar:
Kategori pertama adalah yang termasuk dalam Piagam Federasi SEA Games 2006 yakni cabang  atletik (46 nomor) dan akuatik (41 nomor, termasuk renang, diving dan polo air).
Kategori kedua yang merupakan cabang olahraga dari Olimpiade dan Asian Games yakni Panahan, Badminton, Bola Basket, Biliar dan Snoker, Tinju, Kano, Balap Sepeda, Berkuda, Sepak bola, Golf, Hoki, Judo, Karate, Dayung, Sepak Takraw, Menembak, Berlayar, Tenis Meja, Taekwondo, Bola Voli, Angkat Besi, dan Gulat.
Kategori tiga yang merupakan nomor tradisional adalah Kempo, Muay, Pencak Silat, Pentanque, Catur, Vovinam, Balap Perahu Tradisional dan Binaraga (LENSAINDONESIA.COM)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar