Sabtu, 09 November 2013

Berlatih di China, Timnas Polo Air semakin Solid

AKUATIK Jakarta: Performa dan kekompakan timnas polo air Indonesia mengalami peningkatan setelah menjalani pelatihan di Guangzhou, China. Hal itu terlihat dari uji tanding dengan timnas junior China.

"Dalam seminggu mereka bisa menjalani tiga kali uji tanding. Dari laporan yang saya terima, hasil yang didapat timnas Indonesia semakin membaik. Bila sebelumnya kalah telak, sekarang bisa semakin memperkecil ketertinggalan," ujar Kepala bidang Pembinaan dan Prestasi Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) Heru Purwanto, Kamis (7/11).

PB PRSI mengirimkan sembilan atlet timnas polo air ke China pada pertengahan Oktober lalu untuk meningatkan daya tahan dan teknik timnas polo air.

Timnas indonesia diasuh oleh pelatih asal China Chai Shu Li selama menjalani pemusatan latihan di 'Negeri Tirai Bambu' tersebut.

Timnas polo air sebenarnya berisi 13 atlet. Sebanyak empat atlet baru lolos seleksi setelah Liga Polo Air seri III di Surabaya akhir pekan lalu. Mereka baru akan menyusul ke China pada Jumat (8/11).

PB PRSI hanya menurunkan tim putra karena kategori putri tidak dipertandingkan di SEA Games Myanmar.

Pemusatan latihan di China, lanjut Heru, baru akan berakhir pada 16 November mendatang.

"Setelah itu, mereka akan kembali ke Indonesia untuk berlaga di ajang Piala Betawi pada 21-24 November. Di ajang itu, mereka akan berhadapan dengan Uzbekistan dan China," imbuh Heru.

Meski sudah melakukan latihan di China, Heru mengungkapkan target realistis polo air Indonesia di ajang SEA Games hanyalah medali perak.

Pasalnya, selama ini, medali emas cabang olahraga polo air di pesta olahraga negara Asia Tenggara itu tidak pernah lepas dari tangan Singapura.

Singapura juga mempersiapkan dengan serius timnas polo arinya. Negeri jiran itu mengirimkan atlet mereka berlatih di Serbia yang merupakan pemegang juara dunia Polo Air.

Namun, menurut Heru, peluang untuk mengalahkan Singapura bisa terwujud. Hal itu berasal dari kemenangan timnas U-17 polo air Indonesia. Mereka mengalahkan Singapura pada Kejuaraan junior Asia beberapa waktu lalu.

Saat itu, Indonesia berhasil menjadi yang terbaik di Asia Tenggara meski hanya finish di peringkat 4.

"Tiga pemain U-17 itu, saat ini, membela timnas senior. Jadi, kami cukup yakin bisa mengalahkan Singapura. Andai kategori Putri dipertandingkan, mungkin peluang kami akan lebih besar lagi," tandas Heru. (METRONEWS.COM)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar