Selasa, 08 Februari 2011

Renang Latihan di Australia dan Hongaria

MAJALAH AKUATIK INDONESIA. Tim renang Indonesia yang dipersiapkan tampil pada SEA Games 2011 dijadwalkan berlatih di luar negeri, yaitu Australia dan Hongaria.

Pelatih Kepala Tim Renang SEA Games 2011, Hartadi Nurjojo di Semarang, Minggu (6/2/11), mengatakan, untuk yang putra berlatih di "negeri Kanguru", sedangkan yang putri berlatih di Hongaria. Menurut dia, tim renang yang berlatih di luar negeri tersebut adalah perenang utama.

"Kita memang belum menentukan tim inti, tetapi kita sudah bisa menilai siapa-siapa yang bakal masuk tim ini," katanya.

Hartadi, yang juga Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengprov PRSI Jawa Tengah, menyebutkan, untuk putra ada empat perenang yang kemungkinan masuk tim inti, yaitu Glenn Victor dan Triadi Fauzi (Jabar), Guntur Pratama Putra (Jateng), dan Indar Gunawan (Sumatra Utara). Kemudian yang putri, kata dia, yang baru masuk kriteria baru dua perenanng, yaiti Febriani Ratnamarita (Jawa Timur) dan Yessy Yosaputra (Jabar).

"Kita masih mencari dua perenang putri lagi untuk masuk tim inti SEA Games," katanya.

Ia mengakui, memang yang masuk pelatnas ada 28 perenang, tetapi untuk masuk tim inti yang diterjunkan pada pesta olahraga multievent antarnegara Asia Tenggara di Palembang (Sumsel) dan DKI Jakarta mendatang, sudah bisa diketahui sejak sekarang.

"Kita akan melakukan penilaian tersendiri terhadap para perenang yang masuk tim inti, tetapi tidak akan jauh berbeda dengan tim renang Indonesia yang diterjunkan pada Asian Games XVI/2010 Guangzhou, China," katanya.

Ketika ditanya mulai kapan mereka berlatih di luar negeri, mantan manajer tim renang Asian Games 2010 tersebut, mengatakan, secepatnya supaya Indonesia bisa lebih dini mempersiapkan perenangnya.

"Usai para perenang ini mengikuti latihan kader kepemimpinan di Batujajar, Jabar, segera kita berangkatkan ke luar negeri terutama untuk putra yang berlatih di Australia, sedangkan putri masih menunggu dua perenang lagi yang masuk tim SEA Games," katanya.

Ia menambahakan, target renang Indonesia pada SEA Games mendatang adalah bisa meraih enam medali emas. "Syukur-syukur bisa lebih karena kita sebagai tuan rumah SEA Games," katanya.

Enam medali emas tersebut, menurut dia, berdasarkan prestasi yang dicatat perenang Indonesia pada Asian Games di China pada 2010 lalu.

"Pada enam nomor itu kita bisa mengungguli perenang dari negara-negara Asia Tenggara saat di China. Glenn Victor, Indra Gunawan, Triadi, dan Guntur Pratama Putra diharapkan bisa meraihnya," katanya. (Kompas.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar