Rabu, 28 Maret 2012

Magnussen Raih Tiket Kedua

ADELAIDE, Rabu - Perenang Australia, James Magnussen, kembali merebut tiket kedua ke Olimpiade 2012 London di nomor 50 meter gaya bebas setelah menjadi juara pertama Kejuaraan Renang Australia, Rabu (21/3), di Adelaide. Sebelumnya, Magnussen meraih tiket pertama ke London di nomor 100 meter.
”Saya sudah berenang dengan cepat di 100 meter dan kemenangan di 50 meter adalah cara yang baik untuk mengakhiri kejuaraan ini,” kata Magnussen.
Magnussen mencatat waktu 21,74 detik untuk mengalahkan peraih medali perak olimpiade, Eamon Sullivan, yang mencatat 21,92 detik. Dengan catatan waktu itu, Magnussen masih harus bekerja keras untuk bersaing melawan perenang Brasil, Cesar Cielo, yang mencatat waktu 21,52 detik, saat merebut emas kejuaraan dunia akuatik di Shanghai, tahun lalu.
Perenang putri Australia, Libby Trickett, mulai mengejar tiket kedua di nomor 50 meter gaya bebas setelah menjadi yang tercepat kedua di semifinal. Sebelumnya, Trickett sudah memastikan satu tiket ke London di nomor 100 meter gaya bebas.
Manaudou raih tiket
Mantan juara renang olimpiade dari Perancis, Laure Manaudou, akhirnya berhasil mengamankan tiket Olimpiade London 2012. Manaudou menjadi juara di nomor 100 meter gaya punggung pada Kejuaraan Renang Perancis, Rabu, di Dunkirk.
Manaudou mencatat waktu 1 menit 0,16 detik dan menjadi yang terdepan. Catatan waktu itu di bawah batas A olimpiade, 1 menit 0,82 detik.
Manaudou berhenti dari dunia renang pada tahun 2009 karena hamil dan melahirkan. Pada Juni 2011, Manaudou kembali ke dunia renang dan terus berjuang untuk merebut tiket ke olimpiade untuk ketiga kalinya.
Manaudou sukses di olimpiade pertama dengan merebut emas di nomor 400 meter gaya bebas pada Olimpiade 2004 Athena. Di Olimpiade 2008 Beijing, Manaudou finis di urutan kedelapan pada nomor 400 meter gaya bebas, di urutan ketujuh pada nomor 100 meter gaya bebas, dan gagal ke babak final 200 meter gaya punggung.
”Saya tidak bilang ini sama dengan merebut emas olimpiade, tetapi kemenangan ini cukup melegakan. Kini, saya harus fokus dan memberikan semua yang saya miliki untuk merebut emas olimpiade,” kata Manaudou.
Di nomor 100 meter gaya punggung putri, Perancis meloloskan satu perenang lainnya, Alexianne Castel. Castel menjadi runner-up di kejuaraan yang sama, di belakang Manaudou.
Bergabung dengan Manaudou dan Castel, dua perenang putri Perancis lainnya, Coralie Balmy dan Camille Muffat, juga lolos ke London. Balmy dan Muffat lolos di nomor 400 meter gaya bebas.
Perenang putra berusia 19 tahun, Yannick Agnel, juga lolos ke Olimpiade London di nomor 200 meter gaya bebas dan estafet 4 x 200 meter gaya bebas.

(kompas/AFP/Reuters/ECA)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar