Kamis, 26 April 2012

16 Perenang Jabar Ikuti “Kuala Lumpur Open 2012”


TRIADI FAUZI
BANDUNG, MAJALAH AKUATIK INDONESIA - Pengurus Daerah (Pengda) Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Jawa Barat akan mengirimkan sebanyak 16 atletnya untuk mengikuti kejuaraan renang Asia “Kuala Lumpur Open 2012” pada awal bulan Mei mendatang.
Sekertaris Umum Pengda PRSI Jawa Barat, Verdia Yosef mengatakan, pada kejuaraan tersebut akan menjadi ajang tolok ukur bagi atlet renang Jawa Barat yang dipersiapkan untuk PON XVIII/2012 Riau.
“Kita harus mengirim atlet pada kejuaraan tersebut karena diikuti oleh perenang-perenang terbaik taraf asia bahkan dunia,” katanya di Gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran, Bandung, Selasa (24/4/12).
Nantinya atlet Jabar yang ikut akan diukur sejauh mana kondisi stamina dan kemampuan berenangnya seperti mengukur ritme air dan kayuhan kaki dan tangan. “Target kita tidak ada yang penting atlet bisa memperbaki waktu yang akan kita capai, karena pada tahapan periodisasi lanjutan ada target waktu yang ditetapkan untuk selanjutnya diperbaiki pada tahapan selanjutnya,” kata Yosef.
Diikutsertakannya para atlet Pelatda renang pada kejuaraan Kuala Lumpur Open ini juga, dijadikan sebagai ajang uji coba dalam menghadapi pelaksanaan PON XVIII?2012 Riau yang akan berlangsung kurang lebih empat bulan lagi.
Saat ini Pengda PRSI Jabar masih belum menargetkan perolehan medali pada PON Riau nanti, karena masih mengukur sejauhmana perkembangan para atletnya yang terus dipantau secara periodik.
“Pada PON XVII/Kaltim 2008 lalu kita meraih delapan medali emas. Namun, saat ini apakah memungkinkan atlet kita bisa naik seratus persen dalam empat tahun. Ini yang masih kita kaji secara logika, untuk mewujudkan supaya bisa mencapai seratus persen seperti PON Kaltim, diperlukan strategi dan kerja sama antara KONI Jabar, ketua PRSI, pelatih, dan atlet,”kata Yosef.
Selain sentralisasi, para atlet Pelatda renang juga akan diikutsertakan untuk mengikuti beberapa kejuaraan renang, hingga menjelang PON Riau 2012. “Setelah kejuaraan Kuala Lumpur open ini tidak akan ada kejuaraan lagi. Baru pada bulan Agustus ada kejuaraan di Hongkong, itu juga bertepatan dengan bulan puasa,”ujarnya.
Rencananya ke-16 atlet renang ini akan bertolak dari Kota Bandung ke Kuala Lumpur pada tanggal 1 Mei mendatang. “Para atlet akan berada di Kuala Lumpur selama satu minggu,”kata Yosef. (PIKIRAN RAKYAT ON LINE)**

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar