Selasa, 24 April 2012

Olimpiade 2012: Indonesia Berusaha Tambah Kuota Atlet


JAKARTA, MAJALAH AKUATIK INDONESIA- Indonesia terus berusaha menambah kuota atlet menuju Olimpiade 2012 di sisa 94 hari ini. Dari 30 tiket yang menjadi target Indonesia menuju London, kini baru 18 tiket yang benar-benar sudah digenggam oleh para atlet Indonesia.
Ke-20 tiket Olimpiade tersebut diperoleh dari cabor panahan yang mendapatkan satu tiket, bulutangkis (8), renang (4), angkat besi (5), dan yang terbaru dari anggar (1). Panahan baru meloloskan satu atletnya Ika Yuliana di nomor recurve putri setelah meraih emas pada Kejuaraan Asia di Teheran tahun lalu. Kemudian renang meloloskan empat perenangnya, yakni Glenn Victor (100 meter gaya kupu), Triadi Fauzi (200 meter gaya kupu) yang lolos melalui kejuaraan renang Singapura Terbuka 2011, lalu I Gede Siman Sudartawa (100 dan 200 meter gaya punggung), serta Indra Gunawan (100 meter gaya dada) melalui SEA Games XXVI/2011.
Bulutangkis dengan delapan atletnya yang lolos di empat sektor. Indonesia menembuskan dua wakilnya di tunggal putra, Simon Santoso dan Taufik Hidayat setelah keduanya berhasil masuk dalam jajaran 16 besar hingga akhir kualifikasi Olimpiade, sedangkan di ganda putra, putri, dan campuran hanya bisa menempatkan masing-masing satu wakil yang masuk dalam jajaran delapan besar dunia. Ganda putra diwakilkan oleh Bona Septano/Muhammad Ahsan, ganda putri oleh Greysia Polii/Meiliana Jauhari, serta di nomor campuran ada Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.
Lima tiket tambahan lainnya diperoleh angkat besi pada Kejuaraan Asia di Korea awal April lalu. Pada kejuaraan tersebut, Indonesia mendapatkan lima tiket di kelas 56 kilogram, 62 kilogram, 69 kilogram, 72 kilogram. Kendati sudah mendapatkan lima tiket dari empat kelas, namun PB PABBSI hingga saat ini belum memutuskan siapa atlet yang akan dikirimkan ke Olimpiade nanti. Satu tiket tambahan terbaru datang dari anggar. Diah Permatasari yang turun di nomor sabel putri menambah satu kuota setelah mampu menembus babak kualifikasi Olimpiade di Wakayama, Jepang, akhir pekan lalu. Bagi anggar, ini merupakan penantian panjang, pasalnya mereka harus menunggu selama 26 tahun untuk bisa tampil kembali di Olimpiade.
Kini Indonesia masih mengejar peluang untuk menambah kuota menuju London. Pasalnya, dengan meloloskan semakin banyak atlet maka peluang untuk bisa merebut medali akan semakin banyak dan kesempatan untuk mempertahankan tradisi emas pun akan terjaga. ((PIKIRAN RAKYAT)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar