Selasa, 08 Mei 2012

Pesan Alm Endang Sedyaningsih: Anak-anak Wajib Bisa Berenang


Jakarta, AKUATIK INDONESIA-Anak-anak zaman sekarang punya aktivitas beragam. Namun jangan lupakan yang satu ini, berenang. Seperti kata mantan Menteri Kesehatan (alm) Endang Rahayu Sedyaningsih anak-anak wajib bisa berenang.

Dalam bukunya 'Untaian Garnet dalam Hidupku' yang ia tulis saat dirawat di RSCM Jakarta beberapa hari sebelum ia menutup mata seperti dikutip detikHealth, Senin (7/5/2012), Endang mengakui awalnya ia hanya ingin anak-anak belajar berenang dan juga belajar bela diri.

Tapi kemudian ia mendapat masukan dari seorang teman asal Australia bagaimana renang adalah olahraga yang wajib dikuasai anak di negeri Kangguru itu. Temannya itu heran sewaktu Endang menanyakan apakah ia bisa berenang. Lalu temannya menjawab, semua anak di Australia harus mampu berenang. Jadi itu bukan suatu keistimewaan, tapi sudah merupakan kewajiban.

Dari obrolan itu akhirnya ia bertekad agar semua anak-anaknya bisa berenang yang akhirnya membuat Endang sekeluarga jadi mencintai renang. Bahkan seorang profesor memberi julukan sebagai 'keluarga ikan' melihat keluarga Endang yang senang berenang.

Untuk mengharuskan anak-anaknya bisa berenang, setiap pagi, jam 5.30, Endang mengajak Ari (Arinanda Wailan Mamahit, anak pertama) dan Wandha (Awandha Raspati Mamahit, anak kedua Endang) berenang di kolam renang Cikini, yang letaknya tidak jauh dari kediamannya dulu di daerah Gambir. Endang sendiri ikut berenang.

Ari dilatih oleh pelatih berpengalaman. Menurut Endang, ia cepat menguasai olahraga air tersebut. Sementara Wandha, yang oleh pelatihnya dipanggil Vandha, dilatih oleh seorang bapak tua.

"Ah, bagi saya yang penting Wandha mau masuk ke air. Anak itu sangat tak suka air. Setiap kali cuci rambut, saya harus melakukannya seperti di salon, dengan ember dan kursi. Saya turuti saja kemauannya. Jadi pelajaran awal untuk Wandha adalah, berenang tanpa memasukkan wajah ke air," cerita Endang.

Suaminya Dr. Reanny Mamahit, SpOG, MM (Direktur RSUD Tangerang bahkan lebih rajin berenang daripada Endang.

"Hampir setiap hari ia berenang di Duren Sawit. Melihat hobi keluarga kami yang senang berenang, seorang profesor yang kebetulan berenang bersama kami berkomentar, 'Ini sih keluarga ikan".

Seperti dikutip dari Pediatrics, selain bisa meningkatkan denyut jantung serta sirkulasi darah ke seluruh tubuh, renang juga bermanfaat dari faktor kemanan.

Dari sisi kesehatan, renang sangat berguna untuk kebugaran karena melibatkan hampir seluruh anggota tubuh mulai dari lengan, bahu, dada hingga kaki.

Sedangkan dari sisi keamanan untuk mengantisipasi kecelakaan di perairan. Anak yang dapat berenang bisa menjaga dirinya dengan mengapung di air atau berenang untuk keselamatannya.

Renang juga berguna untuk mengajarkan anak agar tidak cepat panik dan tetap tenang jika menghadapi suatu insiden. (detikHealth)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar