Kamis, 13 Januari 2011

Kej Dunia Polo Air Putri 2010: Putri AS Raih Gelar Juara Dunia

Pertama kali Sejak 1979

Tim Polo Air Putri AS
MAJALAH AKUATIK INDONESIA. AS meraih gelar Juara Dunia Polo Air Putri setelah 31 tahun, the 15th FINA Women's Water Polo World Cup, di Christchurch (New Zealand), Agustus 2010. Dengan  gelar ketiga ini, AS mengukuhkan dirinya dalam cabang polo air dunia, setelah meraih gelar Juara Liga. Prestasi tidak masuk akal ini memberi kapten regu AS, Brenda Villa, sebagai salah satu dari dua orang terhormat yang mendapat kehormatan medali emas atas tidak masuk akalnya yang hilang (sisa satu adalah satu medali emas Olimpiade).

Setelah kehilangan game pertama melawan Australia dalam putaran pendahuluan, regu AS menunjukkan kemenangan dalam putaran akhir, mengalahkan Australia 6-3.

Sukses besar yang lain dalam tahun 2010 ini adalah medali perunggu untuk China, medali pertama mereka di tingkat internasional di level senior. China mengalahkan juara Eropa Rusia 11-9.

Perjuanganan tempat kelima dan keenam, Kanada dan Hungaria menyelesaikan game mereka dalam kedudukan 18-16, sementara Yunani menempati posisi ketujuh, menang atas tuan rumah, New Zealand, 16-8.

Pemain China Gao Ao Ao pencetak gol terbanyak dalam kompetisi ini, dengan 16 gol.
Tim Rusia, Kanada, Hungaria dan Yunani lolos babak kualifikasi tahun depan Kejuaraan dunia di Shanghai (CHiNa), AS setelah memenangkan Liga Dunia polo air di La Jolla,  Cal. (AS), akan berada di Shanghai untuk mempertahankan gelar Juara Dunia mereka tahun lalu di Roma. Peraih medali perak Australia juga mempunyai hak maju ke World League. Sebagai tuan rumah World Championships, China memenuhi persyaratan secara otomatis. Sisa sembilan tim akan memenuhi persyaratan melalui pertandingan masing masing wilayah: tiga dari Eropa, dua dari Americas, dua dari Asia dan satu masing-masing dari kepulanan Oceania dan Afrika.

Sejak meraih medali perak di Olimpiade 2008 tim nasional putri AS sudah pernah memenangkan semua kejuaraan utama termasuk dua FINA World League Super Finals, satu FINA World Championship, dan sekarang FINA World Cup. Gelar FINA World Cup terakhir dalam tahun 1979 di Merced, California

Final: AS vs Australia
Inilah game dimana AS menang dalam babak pembukaan. Ketika kedudukan 3-0 nampak Australia yang mulai gelisah. AS mengendalikan permainan bahkan dan berlanjut dengan lagi 3-0 dalam babak kedua. Nicola ZAGAME akhirnya berhasil memasukkan poin untuk Australia menjelang babak ketiga berakhir. Gemma BEADSWORTH memberi tambahan menjadi 6-2. AS terus berjuang untuk mencetak prestasi tetapi semua usaha berat telah dilaksanakan dalam separuh permainan. Perempat yang akhir hanya satu gol oleh kapten Aussie Stingers Bronwen KNOX. Itu bukan suatu akhir yang cantik tetapi . AS menunjukkan semangat dan bakat yang besar dalam paruh pertama yang diperlukan untuk keluar sebagai juara. Bagi Brenda VILLA memperoleh medali emas Juara Dunia adlah sulit dimengerti setelah meraih tiga gelar juara Dunia dan lima medali emas Liga Dunia.

Babak: 0-3, 0-3, 2-0, 1-0
AUSTRALIA: Victoria BROWN, Gemma BEADSWORTH (1), Sophie SMITH, Holly LINCOLN-SMITH, Jane MORAN, Bronwen KNOX (C 1), Rowena WEBSTER, Glencora RALPH, Zoe ARANCINI, Ashleigh SOUTHERN, Melissa RIPPON, Nicola ZAGAME (1), Lea BARTA. Kepala Pelatih: Greg McFADDEN.

UNITED STATES OF AMERICA: Elizabeth ARMSTRONG (C), Anne BELDEN, Brenda VILLA, Margaret STEFFENS (1), Juliet MOSS, Courtney MATHEWSON (1), Lauren SILVER (1), Elsie WINDES (1), Kelly RULON (1), Annika DRIES (1), Kameryn CRAIG, Melissa SEIDEMANN, Emily FEHER. Kepala Pelatih: Adam KRIKORIAN.

FINAL STANDINGS
1.       Amerika
2.       Australia
3.       China
4.       Rusia
5.       Kanada
6.       Hungaria
7.       Yunani
8.       New Zealand

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar