Jumat, 14 Januari 2011

PRSI Pontianak Kecewa

MAJALAH AKUATIK INDONESIA—Pengcab Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kota Pontianak mengaku kecewa dengan Kepengurusan PRSI Kalbar yang dinilai kurang becus membina dan memajukan prestasi renang daerah ini. Hal itu diungkapkan oleh Ketua Umum PRSI Kota Pontianak, Ir Edi Rusdi Kamtono didampingi Sekretaris PRSI Yusnaldi kepada Pontianak Post kemarin. “Saya tidak melihat ada motivasi di rekan-rekan pengurus PRSI Propinsi terhadap prestasi renang Kalbar. Selama ini terus terang yang sering berkiprah hanya PRSI Kota Pontianak. Kami pesimis dengan tidak adanya motivasi dari PRSI Kalbar, prestasi renang Kalbar akan anjlok di Pra PON dan PON mendatang,” ungkapnya kemarin.

Berkaca pada hasil kejurnas antar klub atau Krapsi dimana Kalbar hanya memperoleh satu medali perunggu itu menunjukan bahwa prestasi renang Kalbar stagnan dan tidak mengalami kemajuan yang signifikan.
Sementara daerah lainnya terus bergeliat dalam memajukan prestasi renang mereka. Padahal sangat disayangkan, kata Edi, renang merupakan olahraga yang banyak memperebutkan medali di PON mendatang. “Jika kita tidak mampu meloloskan satu atletpun ke PON XVIII Riau 2012 mendatang itu akan sangat merugikan kita. Renang merupakan olahraga lumbung medali,” tambah Yusnaldi. Dia berharap sejak sekarang PRSI Kalbar segera bergerilya dan berbuat untuk memajukan prestasi renang Kalbar. Setidaknya dengan melakukan pemantauan kepada atlet-atlet berprestasi dan atlet yang memiliki kans untuk bisa lolos di PON mendatang. “Jika hanya PRSI Kota Pontianak saja yang begitu antusias memajukan renang, namun, tanpa dukungan dari PRSI Kalbar itu akan sia-sia,” katanya.

Diketahui di Pra PON mendatang, yang menjadi acuan lolos tidak seorangnya atlet ke PON akan ditentukan melalui limit waktu. Sementara saat ini, hanya beberapa atlet saja yang mampu mencapai limit waktu yang distandarisasikan oleh PRSI Pusat. Tapi itupun akan disaring lagi melalui Pra PON. “Apakah PRSI nanti mampu merebut target yang dibebankan oleh KONI Kalbar atau tidak, itu semua tergantung dari Pengurus PRSI Kalbar. Jika masih saja demikian, saya pesimis prestasi renang Kalbar di Pra PON dan PON XVIII akan nihil,” kata Yusnaldi. 

Sementara Binpres PRSI Kalbar, Yandriman Alidar beberapa waktu lalu mengatakan, PRSI Kalbar terus melakukan persiapan dan pemantauan terhadap atlet-atlet renang berprestasi. Raihan perunggu di ajang Krapsi beberapa waktu lalu menunjukan bahwa prestasi renang Kalbar cukup baik dan mampu bersaing dengan perenang-perenang daerah lain. “Kita akan terus asah kemampuan mereka. Mudah-mudahan di Pra PON mendatang kita mampu meloloskan atlet-atlet andalan kita menuju PON XVIII Riau 2012,” tandasnya. (pontianak post)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar