Selasa, 17 Mei 2011

Kejurnas Renang 2011:Kaltim Tembus Enam Besar

Meski harus mengalami banyak kendala menjelang keberangkatannya, rupanya hal tersebut tidak mengurangi semangat perenang-perenang Kaltim pada pelaksanaan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Renang  pada 14-16 Mei di Surabaya.
Pengprov Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kaltim masih patut berbangga diri dengan mental bertanding atlet-atlet binaan mereka tersebut. Pasalnya dari Kejurnas renang yang berlangsung selama tiga hari tersebut, Kaltim akhirnya berhasil finis di posisi enam besar pada Kejurnas kali ini.
Setelah berhasil merebut tiga medali emas di hari keduanya, pada pelaksanaan Kejurnas di hari terakhir Senin (16/5) kemarin, Kaltim berhasil menambah pundi-pundi medalinya  dengan 1 emas, 2 perak, dan 2 perunggu. Dengan tambahan medali di hari terakhir kemarin, secara keseluruhan Kaltim berhasil mengoleksi total sebanyak  4 medali emas, 6 perak dan 7 perunggu yang memastikan mereka berhasil berada di posisi ke enam.
Keluar sebagai juara umum pada Kejurnas yang diikuti oleh sebanyak 30 provinsi se Indonesia tersebut adalah Jawa Barat, peringkat kedua tuan rumah Jawa Timur, peringkat ketiga DKI Jakarta, peringkat keempat Bali dan peringkat kelima diduduki Jawa Tengah.
Tambahan medali bagi Kaltim sendiri, tampaknya masih bertumpu pada perenang-perenang andalan binaan Pengcab PRSI Balikpapan. Setelah sebelumnya sukses mengoleksi dua medali emas, pada hari terakhir kemarin Dennis Tiwa kembali menambah pundi-pundi emasnya dengan merebut kemenangan  di nomor 200 meter gaya dada putra. Dengan raihan tersebut Dennis Tiwa pada Kejurnas kali ini berhasil mengoleksi sebanyak tiga medali emas.
Sedangkan medali perak kemarin berhasil disumbangkan masing-masing oleh Andi Natanegara  di nomor 200 meter gaya kupu-kupu putra, dan Ignatius Budi Utomo  di nomor 200 meter gaya dada. Medali perunggu  berhasil ditambahkan oleh Andi Natanegara yang kali ini turun di nomor 1500 meter gaya bebas serta Surya Ramadan di nomor 100 meter gaya punggung putra.
Raihan tersebut melengkapi prestasi Kaltim untuk finis di peringkat ke enam pada kejurnas kali ini. Menurut Irvan Wirayudha, selaku manajer tim renang Kaltim di kejurnas tersebut mengaku bangga dengan kerja keras anak asuhnya. “Mental bertanding anak-anak mampu terjaga selama kejurnas, meski dalam persiapan  harus mengalami kendala tapi itu makin memotivasi mereka untuk berbuat yang terbaik,” kata Irvan,  saat dihubungi Balikpapan Pos, kemarin (16/5).
Menurut Irvan, dengan keberhasilan Kaltim pada Kejurnas di Surabaya tersebut membuat Kaltim kembali diperhitungkan di level nasional. “Karena Kejurnas kali ini sekaligus sebagai ajang Pra PON menyongsong pelaksanaan PON XVIII di Riau pada 2012 mendatang. Otomatis anak-anak kembali harus fokus mempersiapkan diri lebih baik lagi,” tandas pria berambut panjang ini.(san)

Hasil Kejurnas Renang 2011
1. Jawa Barat
2. Jawa Timur
3. DKI Jakarta
4. Bali
5. Jawa Tengah
6. Kalimantan Timur

Raihan Medali Kaltim di Kejurnas
Emas: Dennis Tiwa  (50m, 100 m, 200 mgaya dada), Andi Natanegara(50m gaya kupu-kupu).
Perak: Andy Natanegara(100m gaya kupu-kupu, 800 m gaya bebas, 200 m gaya kupu-kupu), Dimas Arif Ekananto (50m gaya dada putra), Ignatius Setyo Budi Utomo  (100mdan 200 mdaya dada)
Perunggu: Ignatius Setyo Budi Utomo(50mgaya dada dan 200 mgaya ganti perorangan), Andi Natanegara  (200m gaya bebas, gaya kupu-kupu, dan 1500 gaya bebas),Ratih (50mgaya kupu-kupu), Surya Ramadan (100 m gaya punggung)

sumber: Balikpapan post

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar