Sabtu, 28 Mei 2011

Sea Games 2011: Open Water Targetkan 4 Emas

Open Water menargetkan meraih empat medali emas atau sapu bersih seluruh emas yang diperebutkan pada SEA Games pada November 2011.  Target Indonesia bisa meraih seluruh medali emas atau empat emas yang disediakan untuk pertama kalinya cabang ini diperlombakan di SEA Games.     
Open Water telah menyiapkan enam atletnya, masing-masing tiga putra dan putri yang sudah menjalani pemusatan latihan nasional di Bandung, Jawa Barat. Keenam atlet tersebut adalah hasil seleksi nasional yang dilakukan pada beberapa waktu lalu dan kini di bawah asuhan pelatih nasional Dani dan Guruh. Mereka menjalani pelatnas.      
Atlet renang perairan terbuka Indonesia yang diturunkan pada SEA Games nanti di Pulau Putri Kepulauan Seribu, Jakarta. Mereka adalah Ricky Anggawijaya, Pratama Siahaan, dan Satrio. Putri: Yessy Yosaputra, Reina Saumi Grahana, dan Anisa Fabiola.      
Menurut Eko, untuk sementara menjaring tiga atlet dulu untuk putra dan putri. Kalau memang KONI mengizinkan enam atlet berarti kami tinggal memanggil tiga atlet lagi dari hasil seleknas.
Para atlet Indonesia itu akan diturunkan untuk seluruh nomor perlombaan, yakni maraton swimming 5 km dan 10 km putra putri dengan pesaing yang dihadapi dari Vietnam, Filipina, Singapura, dan Malaysia.
Menurut Eko, keenam atlet tersebut sedang mempersiapkan diri dengan berlatih dalam program 60 persen berlatih di kolam renang dan sisanya 40 persen latihan di perairan laut.  Beberapa bulan ke depan seluruh atlet itu sudah akan menjalani latihan di perairan laut untuk menyesuaikan kondisi alam dengan para atlet.
Prestasi terakhir dari nomor perairan terbuka pada event internasional adalah meraih medali perak pada Asian Beach Games 2010 lalu di Oman yang diraih oleh atlet Yessy Yosaputra.  
"Dengan modal prestasi yang ada dan ditambah persiapan yang maksimal, optimis emas medali emas SEA Games tahun ini bisa diraih seluruhnya oleh perenang Indonesia," kata Eko Purwandari.
Cabang renang perairan terbuka akan diperlombakan pada SEA Games nanti berlangsung pada 16-18 November 2011 di Pulau Putri Kepulauan Seribu Jakarta Utara.
Keenam Atlet ini merupakan hasil seleksi dari 35 perenang yang ambil bagian dalam seleknas. Seleknas menyaring tiga atlet putra dan tiga atlet putri. Mereka berasal dari tujuh daerah di Indonesia yakni DKI Jakarta, Sumutera Utara, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Bali, NTT, dan Jawa Tengah. Dalam seleksi, masing-masing perenang menempuh jarak sejauh 10 km yang dibagi dalam empat putaran Pulau Seribu Jakarta Utara.
Peraih medali perak nomor 10 km pada Asian Beach Game II  2010, Yessy P Yosaputra juga ikut ambil bagian. Yessy merupakan andalan PB PRSI  pada nomor open water di SEA Games 2011.
Menyinggung tentang pesaing, Ketua Komisi Teknik Open Water PRSI, Amir Hussein mengatakan, pesaing terberat sebenarnya dari China dan Hongkong. Di SEA Games, Vietnam kuat di nomor putra. Jadi peluang di nomor putri sebenarnya cukup besar. Peluang emas lainnya juga kami harapkan dari nomor putra. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar