Jumat, 18 November 2011

SEA Games XXVI:Renang Penuhi Target Enam Emas

Tim renang Indonesia berhasil capai  target yang ditetapkan KONI Pusat dalam perolehan medali pada SEA  Games XXVI/2011 dengan meraih enam medali emas, delapan perak dan 10 perunggu.      
Manajer tim enang Indonesia, Bambang Udaya  mengatakan di Palembang, Jumat, berkat dukungan semua pihak di Palembang, para perenang Indonesia bisa memenuhi target enam emas di SEA Games kali ini.      
"Ini suatu prestasi keberhasilan cabang renang Indonesia setelah sempat terpuruk pada SEA Games 2009 di Laos hanya menyumbangkan dua medali emas sedangkan pada SEA Games 2011 bisa capai enam emas," kata Bambang lagi.      
Selain menyumbangkan enam medali emas, cabang renang Indonesia yang bermaterikan perenang muda tersebut bisa memecahkan tiga rekor baru dari tujuh rekor baru SEA Games 2011 yang berlangsung di Stadion Akuatik Jakabaring.      
Kedepan dengan materi perenang muda Indonesia tersebut diharapkan dengan program pembinaan yang berkelanjutan bisa terus berjalan sehingga pada SEA Games 2013 di Myanmar dan SEA Games selanjutnya bisa terus bersinar prestasinya.      
"Saya berharap pemerintah melalui KONI Pusat bisa menyinambungkan program pembinaan renang untuk bisa mempertahankan suatu prestasi dan bahkan tidak menutup kemungkinan prestasinya bisa terus meningkat dari hasil SEA Games tahun ini," kata Bambang dengan nada optimistis.
Perenang putera berusia 17 tahun,  I Gede Siman Sudartawa menjadi bintang tim Indonesia kali ini. Siman, perenang asal Bali ini meraih empat emdali emas melalui nomor spesialisasinya 50 m, 100 m dan 200 m gaya punggung dan nomor estafet gaya bebas.
Di nomor estafet 4x100 meter gaya ganti, tim Indonesia berhasil memecahkan rekor baru SEA Games 2011 di nomor 400 meter gaya ganti estafet putra dengan waktu 3 menit 41,35 detik atau lebih cepat dari rekor lama 3 menit 41,72 detik juga atas nama tim Indonesia diciptakan pada 2009.      
Tim estafet Indonesia yang mempersembahkan emas terakhir untuk kontingen Merah Putih adalah I Gede Siman Sudartawa (gaya punggung), Indra Gunawan (gaya dada), Gleen Victor Susanto (kupu-kupu) dan perenang terkahir gaya bebas, Triady Fauzi.      
Pada final tersebut sempat terjadi kekeliruan karena pada papan pencatat waktu elektronik terjadi kesalahan catatan waktu tercepat di lintasan empat tim Singapura, sedangkan yang tercepat dan meraih medali emas adalah tim Indonesia yang memecahkan rekor baru SEA Games 2011.

Hasil lengkap perolehan medali cabang renang SEA Games XXVI/2011.
1. Singapura (17-9-13)
2. Thailand (8-7-5)
3. Indonesia (6-8-10)
4. Malaysia (5-10-3)
5. Vietnam (2-2-5)
6. Filipina (0-2-5)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar