Kamis, 08 Desember 2011

Empat Cabor ke Olimpiade

Perhelatan pesta olahraga sejagat, Olimpiade, telah di depan mata, tepatnya akan berlangsung 234 hari ke depan. Untuk Olimpiade 2012 yang akan dihelat di London ini, Indonesia ambil bagian dalam empat cabang olahraga (cabor), yakni angkat besi, panahan, bulutangkis, dan renang. Cabang-cabang ini memang pelanggan tetap keikutsertaan Indonesia di Olimpiade setidaknya sampai dengan Olimpiade Beijing 2008 lalu.
”Sampai sekarang sudah ada empat cabang yang akan diikuti Indonesia dalam Olimpiade tahun depan. Cabang-cabang itu adalah angkat besi, panahan, renang, dan bulutangkis,” kata Andi, di Kediaman Dubes Inggris untuk Indonesia di Jakarta, Selasa (6/12).
”Tentu kami berharap banyak cabor lain yang saat ini sedang ikut kualifikasi dapat lolos ke Olimpiade,” lanjutnya.
Dikatakan Andi, peluang Indonesia untuk meraih medali emas di ajang Olimpiade London 2012 masih datang dari cabor bulutangkis. Olahraga tepok bulu ini kerap menjadi penyumbang medali emas bahkan dari pertama kali cabor ini disertakan di Barcelona tahun 1992 silam.
Kualifikasi untuk cabang bulu tangkis masih akan berlangsung hingga April tahun depan. ”Ada kesempatan di ganda campuran dan juga ganda putra. Jadi, bulutangkis harus bisa mendapatkan medali emas,” harapnya.
Sejauh ini, atlet yang telah lolos di antaranya lifter Triyatno dan Eko Yuli Wirawan. Di kelas masing-masing, kedua lifter itu meraih medali emas di cabang angkat besi pada SEA Games November lalu. Nantinya, para atlet tidak langsung dibebani harus meraih medali emas di London. Sebab, para atlet yang dikirim berusia masih sangat muda, mulai dari 17-an tahun hingga awal 20-an tahun.
”Mereka masih harus menimba pengalaman. Kami harapkan mereka akan mengalami masa puncak pada Asian Games di Korea Selatan 2014 dan Olimpiade di Brasil 2016,” jelas mantan juru bicara presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini.
Pada Olimpiade Beijing 2008 di Beijing, Cina, Indonesia menempati peringkat ke-42 dengan perolehan 1 emas, 1 perak, dan 3 perunggu. Medali emas pertama disumbangkan cabang bulutangkis melalui pasangan ganda putra Markis Kido/Hendra Setiawan. Medali perak diraih Nova Widianto/Lilyana Natsir (bulutangkis, ganda campuran), medali perunggu masing-masing oleh Maria Kristin Yulianti (bulutangkis, tunggal putri), dua atlet angkat besi Eko Yuli Irawan (total angkatan 288 kg), Triyatno (total angkatan 298 kg).

Sumber:Surabaya post

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar