Kamis, 08 Desember 2011

Perenang Sambut Teknologi Baru Speedo

SYDNEY – Para perenang Australia menyambut antusias atribut renang terbaru yang dikeluarkan pabrikan Speedo. Mereka berharap teknologi yang diterapkan dalam produk itu tidak dipermasalahkan oleh Federasi Renang Dunia (FINA).
Speedo baru saja meluncurkan gear terbaru mereka Kamis ini di Australia. Dengan sejumlah perenang seperti juara dunia James Magnussen, Leisel Jones, dan Geof Huegill mereka memperkenalkan Fastskin3 Racing System, mulai dari penutup kepala, kacamata, pakaian renang, yang didesain untuk saling menunjang fungsi secara kompak.
Perlengkapan tanding renang ini telah diakui oleh FINA, yang sebelumnya membatasi penggunaan sejumlah material.Sementara Speedo mengklaim tiga bagian sistem itu sanggup mengurangi hambatan dan akan meningkatkan penghematan oksigen perenang.
Para perenang juga menyakini produk-produk berteknologi ini tidak akan mengancam aspek olahraga renang, mundur ke masa kelabu di mana pada 2009 akhir FINA mengeluarkan larangan kontroversial terhadap penggunaan polyurethane, karena dianggap membantu perenang meluncur lebih cepat. Bahan itu disinyalir membuat angka pemecahan rekor sangat tinggi, yaitu 168 rekor dunia pada 2009.
Juara dunia 100 meter gaya bebas Magnussen menilai perlengkapan dengan teknologi baru ini tidak akan merusak kredibilitas olahraga. Kehadiran sistem baru yang dibawa Speedo ini menandai perkembangan terbaru perelengkapan lomba.
“Ini berbeda dengan yang sebelumnya. Ini tidak membuat kami mengambang seperti polyurethane,”kata Magnussen, yang pernah mencatat rekor tercepat di nomor 100 meter dengan 47.49 detik, di kejuaraan dunia di Shanghai, tanpa menggunakan supersuit itu.”
“Ini sesuatu yang inovatif yang mereka desain.Jadi ini merupakan kemajuan dari apa yang kami kenakan sepanjang 12 bulan belakangan ini,” tambahnya.”Tapi saya kira itu tidak akan mendominasi headline seperti yang terjadi pada perlengkapan renang sebelumnya.Anda harus tetap bekerja keras jika ingin hasil yang bagus.Anda tidak bisa bergantung pada apa yang anda pakai,” jelas perenang Australia berusia 20 tahun itu.
Teknologi yang dibawa Speedo di kaca mata renangnya menurut Magnussen menampilkan ruang yang cukup untuk visi yang lebih luas, dan ruang udara yang cukup membuatnya merasa lebih menguntungkan secara psikologis.
Magnussen sendiri bertekad memecahkan rekor yang dibuat perenang Brasil Cesar Cielo di nomor 100 meter gaya bebas yaitu 46.91, yang ditorehkannya dengan ‘bantuan’ polyurethane di Roma.Dia tidak khawatir jika dia memecahkan rekor dengan teknologi baru itu, capaiannya itu akan digugurkan.
“Saya tetap mengenakan celana pendek. Cesar menggunakan polyurethane ketika dia membuat rekor, jadi saya kira mereka tidak akan merebutnya dari saya jika saya berhasil memecahkan rekornya,” ungkap Magnussen.

(fit)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar