Kamis, 08 Desember 2011

Ian Thorpe Siapkan Comeback di Olimpiade London

TENERO – Perenang Australia sekaligus juara lima kali Olimpiade Ian Thorpe saat ini tengah mengembangkan teknik renang baru, setelah ia memutuskan comeback ke kompetisi elit renang untuk pertama kalinya dalam lima tahun.
Thorpe yang pensiun pada 2006 kembali turun ke kolam demi Olimpiade tahun depan di London. Ia kini bekerja di bawah pelatih Rusia Gennadi Touretski di Swiss.
Dia berlatih keras menjelang comeback untuk kompetisi renang dunia di Singapura pada tanggal 4-5 September.
Thorpe terkenal dengan gaya bebas dengan teknik klasik yang membuatnya mendapatkan lima medali emas Olimpiade, 11 gelar juara dunia dan memecahkan rekor dunia 13 di masa jayanya, kendati saat ini Thorpe terlihat sedikit berbeda di kolam renang.
"Ini masih Thorpe. Anda dapat melihat dalam kekuatan tendangannya, gelombang yang luar biasa yang ia hasilkan ketika ia berenang dengan kecepatan penuh dan dengan cara yang tampaknya mudah ia meluncur melalui air," kata Touretski seperti dilansir The Australian, Senin (22/8/2011).
Touretski yang melatih di Institute Australia Olahraga di tahun 1990-an mengatakan, ia bertujuan untuk memberikan lebih banyak kebebasan Thorpe dalam aksi renangnya melalui rotasi pinggul lebih banyak dan rentang yang lebih besar untuk gerakan di bahu.
"Saya ingin dia berenang dengan kebebasan. Kita harus mengaktifkan kemampuan lombanya. Ia harus menempatkan diri dalam kondisi lomba,” ujarnya.
"Saya ingin dia menikmati lomba. Saya tidak ingin dia mengukur dirinya sendiri. Saya ingin dia bebas saat sedang berlomba. Hal utama yang saya inginkan adalah bagi dia untuk lapar untuk lomba,” paparnya.
Thorpe bermaksud untuk ikut lomba di tiga kompetisi renang dunia di Singapura, Beijing (November 8-9) dan Tokyo (November 12-13). Touretski ingin dia untuk bersaing di berbagai perlombaan untuk mengembalikan kepercayaan dirinya.

(fit)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar