Selasa, 24 Januari 2012

Ciherang Indah, Kolam Renang Nuansa Islam

Mungkin banyak orang yang tak akrab mendengar istilah kolam renang islami. Tapi di desa Kamasan, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung, berdiri satu wisata air berkonsep Islam, yang mampu menjadi tempat alternatif dalam mengisi masa liburan sekolah.
Kolam Renang Islami Ciherang Indah, destinasi wisata yang berlokasi di Jalan Raya Banjaran-Soreang No. 152 ini menawarkan konsep islami kepada para pengunjungnya. 
Konsep islami di sini ialah dipisahkannya kolam laki-laki dan perempuan. Jadi, bagi siapa saja pengunjung yang ingin berenang tanpa terlihat oleh lawan jenis, ia bisa meminta kepada pengelola untuk ditempatkan di kolam khusus wanita.
Sejarah munculnya gagasan konsep islami tersebut juga bukan tanpa alasan. Awal pendirian kolam renang ini muncul atas keprihatinan Uu Rukmana, mantan tokoh Jawa Barat selaku pemilik ini melihat tidak adanya kolam renang bernuansa islami. Menjadi sebuah keprihatinan baginya melihat Laki-laki dan perempuan yang bukan muhrim bercampur begitu saja. Padahal, kondisi tersebut merupakan hal yang sebenarnya dilarang Islam.
Selain itu, mengingat di kawasan tersebut merupakan kawasan religius dengan sejumlah pesantren di sekitarnya. Maka muncul banyak permintaan dari kalangan santri, khususnya santriwati agar disediakan kolam renang khusus wanita. Akhirnya, dibuatlah konsep kolam renang islami ini dengan nama Kolam Renang Islami Ciherang Indah.
Dari kabar tersebutlah kini banyak pengunjung dari sejumlah pesantren di dalam maupun luar Kabupaten Bandung. Pasalnya, menurut Totok Tarwendo, sang pengelola, konsep renang dengan nuansa Islam ini baru ada di Kolam Renang Ciherang Islami. "Maka tak jarang banyak santri-santri berkunjung ke tempat kami, bahkan ada yang sengaja datang dari Jawa Tengah," tuturnya.
Totok menambahkan, konsep Islam disini hanya berlaku untuk hari Senin hingga Jumat. Sebab, untuk hari Sabtu, Ahad, serta hari libur lainnya, Kolam Renang Ciherang Islami ini banyak kedatangan rombongan keluarga. "Biasanya mereka tak ingin dipisahkan antara anggota keluarganya, jadi sekat antara kolam pria dan wanita pun kita buka," tambahnya.
Kolam Renang Islami Ciherang Indah ini beroperasi dari pukul 08.00 pagi hingga pukul 17.00 sore. Dengan cukup membayar Rp 8.000, para penikmat wisata air dapat berenang sepuasnya. Dan pihak pengelola pun tak ragu memberikan diskon bagi pengunjung yang datang beserta rombongannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar