Jumat, 27 Januari 2012

Renang dan Tekanan Darah

KEBIASAAN berenang ternyata dapat membantu pengontrolan tekanan darah pada orang dewasa. Demikian kesimpulan peneliti Universitas Texas, AS, setelah mengamati 43 manula yang rata-rata berusia 60 tahun.
Para manula yang diteliti itu memiliki keluhan tekanan darah, tapi secara keseluruhan kondisi mereka cukup sehat dan stabil. Selama 12 minggu, peneliti yang diketuai Hirofumi Tanaka itu mengamati partisipan yang berenang hingga 3-4 kali dalam seminggu.
Para partisipan itu pun diminta berenang rutin selama 45 menit setiap kalinya. Di akhir penelitian, tekanan darah para perenang itu mengalami penurunan tekanan darah rata-rata hingga 9 poin jika dibandingkan dengan saat penelitian dimulai.
Menurut Tanaka, berenang merupakan olahraga terpopuler kedua setelah joging. Berenang juga olahraga yang paling aman bagi orang tua ketimbang joging dan bersepeda.
"Karena tidak membebani persendian, (berenang) ramah bagi sendi lutut dan pergelangan kaki," kata Tanaka dalam laporan penelitian yang dipublikasikan lewat American Journal of Cardiology.

(Reuters/mediaindonesia)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar