Sabtu, 28 Juli 2012

Olimpiade London 2012: Pembukaan yang Meriah dan Humor


LONDON, AKUATIK INDONESIA  — Sutradara Inggris, Danny Boyle, memenuhi janjinya untuk menampilkan upacara pembukaan Olimpiade London 2012 yang penuh dengan nuansa Inggris dan humor. Dalam momen yang disaksikan 80.000 penonton dan lebih dari satu miliar pemirsa televisi  itu, diperlihatkan sejarah Inggris yang dikemas dalam sebuah pertunjukan memukau.

Perempuan-perempuan yang mengenakan pakaian daerah menggiring hewan-hewan di permukaan rumput yang indah dengan pondok dan kincir angin, dalam pertunjukan "Pulau-pulau yang ajaib" hasil karya Boyle, sutradara pemenang Oscar.

"Upacara ini adalah sebuah usaha untuk memperlihatkan gambaran kami sendiri sebagai sebuah negara, dari mana kami berasal dan di mana kami ingin berada," demikian pernyataan Boyle, selaku Opening Ceremony Artistic Director, tentang idenya.

Ratu Elizabeth II juga hadir di Olympic Stadium. Dia mendapat sambutan hangat dari para penonton yang memadati tempat diselenggarakannya upacara pembukaan, yang menggunakan dana 42 juta dollar AS atau hampir Rp 400 miliar dan didukung oleh 10.000 awak.

Setelah tujuh tahun membuat perencanaan, pesta olahraga multievent empat tahunan ini resmi dimulai. Gumpalan awan-awan besar mengelilingi trek stadion yang tertutup dan suara-suara burung terdengar di speaker, sebelum anak-anak menghitung mundur, dan puncaknya bel raksasa berbunyi tepat pada pukul 20.00, serta dihiasi dengan munculnya balon-balon raksasa.

Formasi jet-jet Red Arrows terbang dan mengeluarkan asap berwarna merah, putih, dan biru pada pukul 20.12, dan terdapat suasana pesta di stadion saat seorang pelawak dan penyanyi lagu rakyat "memanaskan" para penonton.

Lagu Elgar kemudian digantikan musik techno dan kemudian lagu dari Sex Pistols, sebelum juara Tour de France, Bradley Wiggins, membunyikan lonceng besar yang didesain khusus tersebut.

Boyle berusaha memperlihatkan perjalanan Inggris dari masa lampau yang sangat alami dan hijau, sebelum suasana pedesaan itu berubah menjadi wilayah penuh kesibukan menyusul adanya Revolusi Industri. Tak lupa, dalam upacara ini pun diperlihatkan momen penghargaan untuk negara yang menjalankan Pelayanan Kesehatan Nasional Inggris dengan menempatkan tempat tidur di arena.

Para aktor ternama, Kenneth Branagh; penulis novel Harry Potter, JK Rowling; dan pemeran Mr Bean, Rowan Atkinson juga memainkan peran dalam upacara yang durasinya dipotong 30 menit. Bahkan, Mr Bean memperlihatkan aksi konyolnya, tapi inspiratif, ketika menggunakan payung untuk menekan tuts piano.

Lebih dari 80 pemimpin dunia juga ambil bagian dalam upacara tersebut, termasuk First Lady Michelle Obama, yang mewakili Amerika Serikat. Selebriti pun tampak di sana, seperti Angelina Jolie. (KOMPAS.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar