Rabu, 25 Juli 2012

Upacara pembukaan Olimpiade London diperpendek


AKUATIK INDONESIA-Sutradara Inggris, Danny Boyle, dipaksa memperpendek upacara pembukaan Olimpiade 2012 di London hingga 30 menit agar upacara berakhir tepat waktu.
Panitia penyelenggara mengatakan langkah itu juga dimaksudkan agar penonton bisa pulang dengan menggunakan transportasi umum

"Upacara pembukaan tak ubahnya seperti membuat film. Ada bagian-bagian yang perlu dipotong dan dirapikan," kata Jackie Brock-Doyle, juru bicara panitia penyelenggara kepada kantor berita Associated Press, hari Rabu (18/07).
Panitia mengalokasikan waktu tiga jam untuk upacara pembukaan dan menetapkan bahwa rangkaian acara ini selesai antara tengah malam hingga 00.30.
Boyle, sutradara peraih Oscar lewat film Slumdog Millionaire, mengarahkan upacara pembukaan Olimpiade London pada 27 Juli, yang memakan biaya US$42 juta atau hampir Rp400 miliar dan didukung oleh 10.000 awak.
Upacara pembukaan digelar di Stadion Olimpiade di Stratford, London timur, yang berkapasitas 80.000 tempat duduk.
Diperkirakan tak kurang dari 1 miliar orang di seluruh dunia akan menonton upacara pembukaan Olimpiade melalui layar kaca

Permintaan IOC
Brock-Doyle mengungkapkan salah satu acara yang dipotong adalah sajian atraksi sepeda yang tadinya dialokasikan akan tampil selama 3-4 menit.
Meski dihapus, awak yang akan melakukan atraksi tetap akan dibayar. Sajian-sajian lain di upacara pembukaan juga akan diperpendek.
"Tidak akan ada bagian besar yang dihapus. Yang kami lakukan adalah merapikan mata acara," kata Brock-Doyle.
Laporan media Inggris menyebutkan Boyle marah dengan permintaan panitia penyelenggara, namun Brock-Doyle mengatakan tidak benar Boyle kecewa dengan panitia penyelenggara.
"Ia terbiasa membuat film. Selalu ada bagian dari film yang dipotong. Ia memahami sepenuhnya keputusan kami," katanya.
Upacara pembukaan Olimpiade (IOC) arahan Boyle diberi judul Isles of Wonder yang diinspirasi oleh drama karya William Shakespeare The Tempest.
Dalam keterangan pers ketika mengumumkan rangkaian acara di upacara pembukaan Olimpiade London, Boyle mengatakan latar upacara pembukaan adalah suasana pendesaan khas Inggris, lengkap dengan binatang ternak hidup, termasuk domba, kuda, ayam, dan angsa.
Mantan anggota The Beatles, Paul McCartney, akan membawakan lagu di akhir upacara pembukaan.
Komite Olimpiade Internasional telah meminta panitia penyelenggara agar tidak terlalu panjang menyajikan upacara pembukaan agar para atlet memiliki waktu istirahat yang cukup. (bbc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar